Halaman

categori

Senin, 11 Maret 2013

Sebelas Sanggar Seni Dapat Bantuan

Bookmark and Share
Bupati: Perbanyak Pentas Seni di Kampung dan TBS

SENDAWAR  Sebanyak 11 sanggar seni dari beberapa kecamatan mendapatkan bantuan perlengkapan, diserahkan Bupati Kubar Ismail Thomas, di acara pentas seni tradisional di Panggung Utama Taman Budaya Sendawar (TBS) Jalan Sendawar Raya, Sabtu malam (9/3).
Ketua Sanggar Seni Mook Manaar Bulatn Kabupaten, Lucia Mayo Thomas yang membina sanggar seni kecamatan dan kampung se-Kubar mengimbau, kepada seluruh ketua sanggar seni untuk menghimpun para remaja. “Kami ingin generasi muda memiliki kegiatan positif, supaya mereka menghindar kegiatan negatif yang merugikan bahkan menghancurkan masa depan mereka,” kata Lucia.
Secara khusus, Lucia meminta, agar warga yang mempunyai kemampuan bermusik, tari atau seni-seni lain diharapkan mengajarkan dan menularkan ilmunya kepada anak cucu kita ini. Generasi muda inilah yang diharapkan menjadi orang-orang berguna sebagai pengganti/generasi penerus memimpin Kubar.
Lucia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kubar selaku pembina sanggar seni yang telah memberikan bantuan dana hibah, nasihat, ide dan sebagainya demi kemajuan adat istiadat budaya di Kubar.  Diharapkan sanggar seni semakin hari berkembang. “Bantuan semacam ini diharapkan bisa terus berlanjut terutama untuk membantu kelompok sanggar seni yang masih kekurangan alat musik tradisional dan pakaian adat,” katanya.
Bupati Kubar Ismail Thomas mengatakan, pemberian bantuan alat musik tradisional, pakaian adat dan penampilan seni budaya yang rutin dilakukan setiap malam minggu diharapkan TBS bisa menjadi pusat pengembangan seni dan budaya di Kubar. “Ide dasar pembangunan TBS untuk mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya,” kata Bupati.
Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan memacu semangat sanggar seni dan generasi muda untuk terus berkarya guna melestarikan dan mengembangkan seni tradisional yang dimiliki masyarakat Kubar. Seni merupakan sumbangsih kemajuan bagi semua. Pertama untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisional itu sendiri. Kedua sebagai kekayaan budaya masyarakat dan aset pariwisata. Kubar pasti mampu  menarik pariwisata baik dalam kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasioanal,” katanya.
Bupati meminta, pentas seni atau festival seni dengan bantuan seperti ini akan semakin sering dilaksanakan di kampung maupun di ibukota kecamatan. Secara regular TBS menyusun jadwal sanggar seni untuk tampil di secara bergiliran setiap malam minggu di TBS. “Kita inginkan tidak saja seni tari, musik, olah vokal yang terus berkembang termasuk juga seni ukir, pahat, tenun, patung, dan seni anyam,” kata Bupati. (hms10/waz)
 sumber berita : kaltim post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar